Minggu, 17 April 2022

Inilah INOVASI!!!!!

 


Kata inovasi sering terdengar dan tidak asing ditelinga para creator, istilah inovasi juga selalu diartikan berbeda-beda oleh beberapa ahli para ahli.

Menurut Trott (2008) inovasi adalah jantung atau pusat aktivitas dari setiap perusahaan karena inovasi berperan penting pada kelangsungan perusahaan, serta Manajemen dari semua aktivtas antara lain proses pembentukan ide, pengembangan teknologi, proses pabrikan, dan pemasaran atas produk baru atau produk yang dikembangkan.

Menurut Drucker (2012), Inovasi adalah alat spesifik bagi perusahaan, dimana dengan inovasi dapat mengeksporasi atau memanfaatkan perubahan yang terjadi sebagai sebuah kesempatan untuk menjalankan suatu bisnis yang berbeda. Hal ini dapat dipresentasikan sebagai sebuah disiplin, pembelajaran, dan dipraktekan.

Menurut Ellitian dan Anatan (2009), secara singkat inovasi diartikan sebagai “perubahan yang dilakukan dalam organisasi yang mencakup kreatifitas dalam menciptakan produk baru, jasa, ide, atau proses baik yang sudah ada dalam organisasi maupun berkembang dari luar orgabisasi. Inovasi terlahir dari sebuah gagasan baru. Sementara kemampuan untuk melahirkan dan membangkitkan suatu gagasan baru yang berguna ini dikenal sebagai kreativitas. Inovasi tanpa ada kreativitas tidak akan bisa berjalan, karena inovasi dan kreativitas adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan biasanya digunakan secara bergantian. Inovasi adalah gabungan dari kreativitas dengan komersialisasi (Stamm, 2008). Perusahaan membutuhkan suatu proses, prosedur, dan stuktur yang memungkinkan pelaksanaan tepat pada waktunya dan efektif dari proyek seingga produk yang dihasilkan sangat inovatif.

Dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah hasil kreasi dari ide manusia yang dituangkan kedalam proses ataupun produk yang mimiliki nilai kebaruan dan mendatangkan nilai ekonomi yang berkelanjutan dan dapat diproduksi secara berkala.

Tujuan inovasi secara umum adalah menciptakan suatu kondisi agar bidang usahanya dapat berkembang dengan baik. Karena miliki daya saing yang baru untuk dapat menandingi competitor dari asing, sehingga hasil kreasi/ide/gagasan ini dapat dikembangkan.

Tipe-tipe inovasi juga selalu diartikan berbeda meurut beberpa para ahli. Berikut adalah tipe-tipe inovasi menurut beberapa ahli. 

Menurut Susanto dan Putra (2010), tipe-tipe inovasi yaitu sebagai berikut : 

1. Inovasi Produk yang meliputi produk ataupun layanan baru. 

2. Proses inovasi mencakup produksi ataupun metode delivery. 

3. Inovasi dari supply chain dimana inovasi mentransformasikan sumber dari input produk dari pasar dan delivery dari output produk ke konsumen. 

4. Inovasi pemasaran dimana hasilnya terlihat dalam evolusi metode baru marketing, dengan perangkat, tambahan dalam desin produk, kemasan, promosi dan harga, dan sebagainya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARING SESSON PENGADIAN KEPADA MASYARAKAT

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang biasa dikenal LPPM, pada hari kamis 30 Juni 2022 mengadakan kegiatan "Sharing ...